Jokowi: Zaman Cepat Berubah, Kampus Harus Ciptakan SDM Andal

Source : www.viva.co.id
Selasa, 9 Oktober 2018 | 07:19 WIB
law office in bali indonsia

VIVA – Untuk menghadapi perkembangan zaman, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan peran Perguruan Tinggi harus mampu menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal.

“Dalam situasi apapun perguruan tinggi akan menempati peran sentral, untuk menciptakan SDM yang andal, untuk menghadapi tantangan zaman,” ucap Presiden Jokowi, dalam pidatonya di Acara Dies Natalis Universitas Sumatera Utara (USU) ke-66 di Auditorium USU di Medan, Senin 8 Oktober 2018.

Jokowi mengungkapkan saat ini, Indonesia menghadapi perkembangan zaman yang harus diikuti dengan SDM mumpuni dan berkualitas. Untuk itu, Perguruan Tinggi memiliki peran besar dalam mengatasi hal tersebut.
“Kecepatan merupakan kata kunci untuk memenangkan pertandingan. Yang cepat lah pasti akan mengalahkan yang lambat. Saya selalu mengajak untuk membangun ekosistem membangun langkah yang cepat. Kemudian, pangkas regulasi yang memperlambat,” ungkap Jokowi.

Bila tidak, Jokowi mengatakan pastinya Indonesia akan terus ketinggalan dari negara-negara lainnya. Pemerintah terus mendorong Perguruan Tinggi untuk menciptakan SDM yang andal dan berjiwa kewirausahaan.

“Satu teknologi yang kita pelajari, muncul teknologi yang lain. Perkembangan ini merupakan tantangan bagi perguruan tinggi. Dulu kalau saya pingin makan sate, saya harus pergi ke warung. Tapi, sekarang saya pakai aplikasi itu, nyampe,” tutur Jokowi.

Bookmark the permalink.